Minggu, 06 November 2016

Digital Music

                                                                Digital Music




Pendahuluan 

Seiring berkembangnya teknologi musik, dengan cepat bermunculan berbagai inovasi di bidang ini. Dengan semakin berkembangnya dunia musik, semakin hari semakin banyak muncul inovasi dalam karya musikal. Kedua hal ini memiliki keterkaitan. Semakin berkembangnya karya-karya musikal, semakin banyak unsur teknologi yang digunakan, sehingga muncullah tren musik digital.


      Berkembangnya musik digital di dunia musik mendukung dan memudahkan pemain musik dalam berkreasi. Dengan musik digital, pemusik dapat menciptakan sound yang unik yang tidak bisa dihasilkan dengan alat musik konvensional, selain itu dapat menghasilkan permainan nada dan irama yang indah yang mungkin sulit atau bahkan tidak mungkin dapat dimainkan menggunakan alat musik konvensional.


Pembahasan

pada topik ini akan dibahas tentang perkembangan indie musik dan sedikit konsep dasar + pengertian sendiri dari musik itu , dan akan diakhiri dengan pembahasan pembuatan lagu indie menggunakan frutiyloop studio.


Music

Musik adalah salah satu alat komunikasi yang universal, melalui musik kita dapat mengenal bebagai budaya di dunia ini, melalui musik pula trend fashion dan gaya hidup dapat mempengaruhi masyarakat luas, terbukti dengan banyaknya masyarkat yang meniru gaya rambut, gaya berpakaian sampai gaya hidup pemusik kebanggaannya.


Indie

ndie sebenarnya berasal dari kata dalam bahasa Inggris, Independent, yang artinya merdeka, bebas, mandir.
  
 istilah Indie lebih merujuk pada sistem produksi yang dilakukan oleh seorang pemusik. Sebuah band atau pemusik yang membuat sendiri musiknya, merekam, kemudian, memasarkan atau mendistribusikan hasil karya musiknya tersebut, inilah yang disebut sebagai pemusik Indie , Membuat sampai mendistribuskan produk secara “sendiri” dan diluar jalur “mainstream” ini akhirnya disebut dengan istilah D.I.Y (Do it Yourself) .
   
 Fenomena indie di Indonesia sendiri diawali dengan di lepasnya album Mata Dewa karya Iwan Fals dan Setiawan Djody. Lalu disusul Pas band, dari Bandung, dengan mini E.P berisi 4 lagu bertitel Four Through The Sap, sebelum dirilis ulang oleh Aquarius.

Fruityloop studio


FruityLoop Studio 8.0 adalah software komputer yang berfungsi untuk membuat dan mengolah musik secara digital. Di sebut musik digital karena musik yang diciptakan dan diaransemen adalah hasil dari permainan komputer tanpa melalui rekaman alat musik konvensional.

  Keunggulan FruityLoop Studio 8.0 adalah :
  1. software ini sangat umum digunakan oleh orang-orang yang bekerja dibidang musik digital, 
  2. adanya hasil sound yang karakternya mendekati karakter sound yang di hasilkan oleh bunyi sound yang realistis.
  3. memungkinkan seseorang untuk bisa membuat musik yang benar-benar fantastis dan tidak realistis, bahkan tidak bisa ditirukan oleh musisi lainnya.
Metode Pembuatan lagu

Terdapat 2 metode dalam pembuatan lagu sendiri dimana yang pertama itu adalah studio recording dan DAW (Digital Audio Workstation) .

  1. Studio Recording.
          Pada tahap Studio Recording terdapat beberapa tahap diperlukan yaitu pertama :

  • Ide 


Ide yang akan diangkat pada penyusunan skripsi ini adalah pembuatan lagu tanpa menggunakan instrumen musik asli dengan metode home digital recording, semua aransemen musik murni dibuat melalui software Fruityloop studio 8.0.

  • Tema 

Tema lagunya sendiri bercerita tentang seseorang yang mengagumi dan jatuh cinta pada sosok wanita bernama dewi, hal ini tergambar jelas pada kata-kata yang tersusun dalam lirik pada lagu yang akan dibuat.
  • Lirik 

Pembuatan lirik lagu disini dibuat dengan kata-kata yang mudah dicerna, tujuannya adalah agar mudah diingat. Karena, lirik yang mudah di cerna dan diingat akan memiliki nilai lebih, yaitu lebih gampang diterima oleh orang-orang yang mendengarkannya.
\
  • Aransemen 

Penyusunan aransemen musiknya sendiri terdiri dari pembuatan track untuk drum, guitar, bass, keyboard dan instrumen pendukung lainnya. Pembuatan track disini dilakukan dengan software Fruityloop studio 8.0 dimana track-track yang sudah dibuat kemudian di susun jadi satu kesatuan sehingga menjadi sebuah musik yang utuh.


    2. DAW (Digital Audio Workstation).

Metode DAW atau home digital recording dirasa menjadi alternatif yang cukup sesuai diterapkan untuk pembuatan lagu indie. Home digital recording bisa dibilang lebih hemat biaya,

 karena pembutan lagu dapat dilakukan hanya dengan menggunakan perangkat komputer dan software pengolah audio. Pembuatan semua aransemen musik pun bisa dilakukan tanpa harus menggunakan alat-alat musik seperti yang biasanya dilakukan pada pembuatan lagu di studio recording. 



Kesimpulan
Penggunaan Fruityloop studio disini sangat membantu para indie band dikarenakan sangat effisien dalam pembuatan lagu nya tidak dibutuhkan alat musiknya dan bisa dikerjakan di rumah sendiri dengan begitu pengeluaran biaya dalam pembuatan lagu pun dapat dipangkas untuk kebutuhan lain nya .


DAFTAR PUSTAKA
https://drive.google.com/file/d/0BwJuRPj7sEtMWWRoUkpMMUFNUlE/view

    





       

13 komentar:

  1. Menurut saya artikel sudah cukup ringkas dan berisi, tetapi penulisan masih bersifat monoton. Terima kasih.

    BalasHapus
  2. Menurut saya artikel sudah cukup ringkas dan berisi, tetapi penulisan masih bersifat monoton. Terima kasih.

    BalasHapus
  3. Artikel sudah cukup ringkas, hanya saja tidak terdapat spasi pada awal paragraph. Terima Kasih.

    BalasHapus
  4. Artikelnya cukup bagus materi yang ringkas membuat pembaca mudah mengerti.

    BalasHapus
  5. Menurut saya penulisan anda sudah bagus dan rapih, hanya saja kurangnya gambar menjadi tidak menarik terimakasih

    BalasHapus
  6. Materi yang disampaikan sudah cukup jelas, diharapkan penulis memberikan awalan paragraf spasi menjorok kedalam.

    BalasHapus
  7. menurut saya penyampaian materi sudah baik, dan penulisannya pun sudah cukup rapih. namun sebaiknya anda bisa menambahkan gambar supaya lebih menarik. terimakasih

    BalasHapus
  8. Materinya sudah bagus, hanya kurang me arik karena tidak disertai gambar. Terimakasih

    BalasHapus
  9. penulisannya sudah rapih tapi sedikit diperhatikan pada penulisannya karna harusnya setiap paragraph harus tab sekali supaya menarik dilihat, dan tambahkan gambar supaya pembaca mengerti tentang penulisan yang anda buat. trimakasih.

    BalasHapus
  10. Penulisannya sudah bagus dan rapih materi yg telah anda sampaikan sangat membantu tentang musik

    BalasHapus
  11. Penulisannya kurang rapi tapi penulisannya lumayan bisa memberikan ilmu bagi pembacanya

    BalasHapus
  12. penulisanya sudah rapih namun biasanya dalam paragraf ada tab menjorok pada awal paragraf dan jika ada kseimpulan biasanya ada saran. Terima kasih.

    BalasHapus
  13. penulisannya rapih namun masih kurang lengkap pada isinya, kalau bisa di bero gambar agar pembaca tidak bosan dan lebih menarik lagi

    BalasHapus